sponsored ads

Tips Beradaptasi & Mengenal Orang - Orang Baru Di Sekitar Anda

Posted By : Posted on - 8:20:00 AM with No comments

Memiliki lingkungan baru seperti di sekolah baru, lingkungan kerja baru atau baru pindah rumah atau kos pasti kebanyakan orang akan sedikit kesulitan beradaptasi dengan orang orang baru disekitar. 

Padahal adaptasi dengan orang orang baru disekitar anda sangat diperlukan agar anda mudah bersosialisasi, betah dilingkungan baru dan mendapatkan bantuan ketika anda mengalami atau menemukan kesulitan ditempat baru.

Komunikasi merupakan hal yang penting untuk berinteraksi dengan masyarakat disekitar anda. Dengan berkomunikasi anda dapat menyampaikan pendapat anda, mengatakan apa ide ide anda, mengekspresikan segala perasaaan anda kepada orang yang anda ajak berkomunikasi. Ketika anda mampu berkomunikasi dengan banyak orang anda akan lebih banyak memiliki teman. 

Nah berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memulai pembicaraan dengan orang orang baru disekitar anda seperti dikutip dari pakar komunikasi Dave Macmohan dalam situs Family.com:

cara mengenal orang baru
beradaptasi Dengan Orang - Orang Baru Di Lingkungan Anda



Cara Berkenalan Dengan Orang - Orang Baru

Mulai dari sapaan sederhana atau pertanyaan sederhana

Tidak mungkin kan baru kenal dengan orang baru langsung membicarakan hal hal berat atau masalah pribadi, bukannya mendapat perhatian justru orang tersebut akan meninggalkan anda. Ketika anda ingin mengenal orang orang baru disekitar anda maka sapalah mereka dan bertanyalah tentang hal-hal yang sederhana. 

Jangan terlalu serius, contohnya seperti: "Tadi berangkat jam berapa", "Jam berapa sekarang?", "Hai dah dari tadi ya", dan sebagainya. Cara ini cukup efektif untuk memulai suatu percakapan setelah mendapat respon dari lawan bicara, baru lanjutkan percakapannya.

Berikan pertanyaan yang memicu minat orang tersebut

Buatlah pertanyaan yang mengarah pada minat mereka untuk berkomunikasi. Dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan membuat orang baru tersebut semakin tertarik untuk berbicara dengan Anda. 

Pada dasarnya, manusia cenderung ingin membanggakan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, pertanyaan dengan topik diri mereka sendiri adalah topik yang tepat untuk dibahas. Sebagai manusia kita pasti juga ingin membanggakan dan membicarakan tentang diri kita sendiri, akan tetapi untuk situasi seperti ini lebih baik tahan ego Anda dulu.

Perhatikan mereka dengan kontak mata yang lama

Berikan kontak mata kepada mereka saat mereka berbicara kepada Anda. Hal tersebut manandakan bahwa Anda memperhatikan dan menyimak apa yang mereka bicarakan, tetapi ingat jangan terlalu berlebihan saat memandang mereka, karena itu justru dapat menyebabkan mereka merasa tidak nyaman dengan Anda.

Menceritakan tentang diri Anda saat diminta

Saat ini adalah saat yang paling tepat bagi Anda untuk menceritakan tentang diri Anda. Ceritakan tentang diri Anda, tetapi jangan terlalu berlebihan membuka jati diri Anda. Beri kesempatan pada orang tersebut bertanya tentang kehidupan Anda.

Cari topik yang menarik atau yang sedang tren

Saat keadaan mulai diam karena tidak adanya topik yang dibahas, coba Anda seaktif mungkin mencari bahan pembicaraan, mulai dari topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan atau studi yang dia jalani. Jangan membicarakan topik yang serius yang susah dimengerti oleh Anda dan orang tersebut.

Hindari kata-kata yang menyinggung perasaan atau candaan yang tidak tepat

Bercanda boleh saja, tetapi alangkah baiknya untuk situasi seperti ini kita tidak menyisipkan candaan sampai kita benar-benar mengetahui siapa orang itu. Dikhawatirkan candaan yang kurang tepat dapat menyinggung perasaan orang tersebut sehingga dapat menghambat proses komunikasi yang efektif.

Pancing mereka untuk membahas tentang dirinya

Seseorang akan menyukai ketika ada orang lain memperhatikan dan peduli dengan mereka. Carilah topik yang sangat mereka kuasai, yaitu tentang diri mereka sendiri. Bertanyalah dengan pertanyaan seperti: "Rumah Anda di mana?", "Apa pekerjaan Anda?", "Anda berasal dari mana?", "Anda kuliah di mana?" 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sangat tepat sekali digunakan sebagai pembukaan percakapan yang baik. Dengan pertanyaan seperti itu akan membuat mereka tertarik untuk berbicara dengan Anda dan setelah itu jangan lupa untuk berkenalan dengan orang baru tersebut.

Mengajak ke hubungan pertemanan

Dalam tahap ini kita dapat mengajak mereka ke hubungan lebih dari seorang yang baru kenal, tetapi sebagai teman dengan cara mengajak mereka bertemu lagi, contohnya coba ajak mereka untuk futsal, ke kedai kopi bersama-sama, mengajak ke konser musik, ke pameran baju dan lain-lain. 

Walaupun mungkin dia tidak mau menerimanya tetapi Anda telah berani dan serius untuk membina hubungan pertemanan yang baik dengannya. Hal itu akan membuat orang tersebut terkesan dan menghargai Anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara