sponsored ads

Tips Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) / Sembelit

Posted By : Posted on - 8:13:00 AM with No comments

Sangat menjengkelkan ketika terlalu lama di toilet namun kesulitan untuk buang air besar (BAB). Bab atau kesulitan buang air besar juga sering disebut sembelit yaitu gangguan pencernaan sangat umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. 

Sembelit menyebabkan kesulitan buang air yang biasanya ditandai tinja mengeras yang menyebabkan susah untuk mengeluarkannya atau merasakan keinginan untuk buang air besar namun tidak mau keluar.

sembelit

Gejala lain yang menyertai sembelit atau susah buang air besar ini beberapa diantaranya adalah perut kembung, buang air kecil atau besar, asam lambung, kehilangan nafsu makan, bau mulut, sakit kepala, depresi, jerawat, dan sariawan. Sehingga rasa ketidak nyamanan pada pencernaan akan terasa sangat mengganggu. Beberapa penyebab paling umum yang menyebabkan susah BAB diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pola makan yang buruk
  • Makanan tidak higienis
  • Kurangnya asupan cairan tubuh
  • Kebiasaan / rutinitasbuang air besar tidak teratur
  • Kurangnya berolahraga / aktivitas fisik lainnya
  • Kurangnya asupan serat, buah dan sayuran segar
  • Masalah pada otot perut/ otot perut lemah
  • Wasir
  • Stres
  • Asupan obat-obatan tertentu, dan penyalahgunaan pencahar.
Cara Alami Atasi Sembelit / Susah Buang Air Besar (BAB)

Masalah ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Ada banyak beberapa perawatan alami untuk mengatasi sembelit atau susah BAB ini untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengobati sembelit. Berikut adalah cara alami mengatasi sembelit atau susah buang air besar:

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cairan tubuh sangat mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh seseorang dan juga sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kesulitan buang air besar atau sembelit. Untuk itu penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih 8-9 gelas / 1,5 liter perhari.

Konsumsi makanan berserat

Sudah jelas sayur dan buah-buahan adalah makanan yang kaya akan serat dan baik dalam melancarkan BAB. Jadi, usahakan paling tidak mengonsumsi 24 sampai 38 gram serat tiap hari. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, produk susu, dan gula halus karena justru akan memperparah sembelit. 

Beberapa buah buahan yang berguna untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar adalah jeruk, pisang dan pepaya.

Jangan lupakan aktifitas fisik / olahraga

Berolah raga secara teratur akan memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. nah jika tubuh sehat maka hal ini salah satu cara mencegah sembelit dan kesulitan buang air besar secara efektif. Berolahraga secara teratur juga akan membantu pergerakan usus yang sehat dan sistem pencernaan yang lebih baik.

Menggunakan bahan alami yang baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar

Beberapa bahan alami sangat baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar BAB. Beberapa bahan tersebut dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

Temulawak
  • Giling rimpang temulawak bersama biji sesawi secukupnya yang sudah dicuci bersih. Tambahkan sedikit air, lalu peras dan airnya bisa diminum.
  • Cara lain, iris-iris temulawak dan tambahkan gula jawa serta asam jawa. Tuangkan air mendidih dan saring airnya. Minum selagi hangat.

Ketepeng Cina (lamtoro / mlandingan)
  • Ambil7 lembar daun ketepeng Cina yang masih mudah dan segar.
  • Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
  • Angkat, saring, dan minum ramuan tersebut.

Lidah buaya
  • Ambil setengah batang lidah buaya, cuci bersih, kupas kulitnya, dam ambil dagingnya.
  • Cincang dagingnya dan seduh dengan setengah cangkir air panas.
  • Bisa ditambahkan dengan 1 sdm madu. Makanlah daging tersebut saat masih hangat dua kali sehari.

Lemon

Lemon, atau lebih khusus jus dari lemon, dapat mengobati sembelit karena merangsang sistem pencernaan dan pergerakan usus.

  • Ekstrak air setengah lemon dan menambahkannya ke segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam batu atau satu setengah sendok teh garam meja dan sedikit madu untuk itu.
  • Minum hal pertama air lemon di pagi hari pada waktu perut kosong. Anda juga bisa minum segelas solusi ini di malam hari.
  • Ikuti obat ini setiap hari dan mengharapkan hasil dalam beberapa hari.

Minyak jarak / Castor oil

Menjadi pencahar stimulan alami, minyak jarak merangsang usus kecil dan besar dan meningkatkan gerakan usus. Cukup menelan 1-2 sendok teh minyak jarak dengan perut kosong. Untuk meningkatkan rasa, Anda dapat mengambil dengan jus buah.

Madu

Madu sangat bermanfaat dalam mengurangi sembelit karena bertindak sebagai pencahar ringan. Anda dapat memilikinya setiap hari untuk mencegah serta mengobati sembelit.
  • Mengonsumsi dua sendok teh madu tiga kali sehari.
  • Anda juga dapat mencampur satu sendok makan masing-masing madu dan jus lemon dalam segelas air hangat. Meminumnya setiap pagi dengan perut kosong.

Anggur

Anggur mengandung serat larut yang membantu menghasilkan gerakan usus yang teratur.
  • Makan semangkuk kecil anggur atau setengah gelas jus anggur segar setiap hari.
  • Pilihan lain adalah menempatkan 10 sampai 12 buah anggur tanpa biji kering dalam susu, didihkan selama beberapa menit dan minum solusi di malam hari. obat tertentu karya besar untuk anak-anak muda yang memiliki sembelit dan untuk mencegah episode masa depan itu. Jika buah anggur segar tidak tersedia, kemudian makan kismis direndam dalam air selama satu atau dua hari. Anda harus makan kismis direndam bersama dengan air pada waktu perut kosong di pagi hari.

Bayam

Bayam benar-benar baik untuk saluran pencernaan, terutama ketika Anda menderita sembelit. bayam mentah memiliki berbagai komponen yang bisa membersihkan, merekonstruksi dan regenerasi saluran usus seluruh.
  • Untuk menghilangkan sembelit, Anda harus menyertakan bayam dalam diet Anda. Anda dapat memakannya mentah sebagai salad atau dimasak.
  • Jika Anda mengalami sembelit yang parah, minum campuran satu-setengah gelas jus bayam mentah dan setengah gelas air, dua kali sehari. Dalam beberapa hari, Anda akan mendapatkan banyak bantuan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara