sponsored ads

Tips Mengatasi Mudah Capek, Letih & Tidak Bersemangat

Posted By : Posted on - 8:02:00 AM with No comments

Ketika tubuh mudah capek, letih, lesu tentu membuat kita tidak bersemangat untuk melakukan sesuatu begitupun sebaliknya ketika kita tidak bersemangat melakukan suatu hal maka tubuh kita mudah capek, letih dan tidak bersemangat. Keletihan dan kelelahan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor rutinitas kegiatan ataupun karena masalah kesehatan.

Kelelahan adalah keluhan umum yang terjadi terutama setelah memasuki usia pertengahan. Tapi bagaimana jika Anda merasa mudah letih, lelah, dan tidak bersemangat padahal anda dalam kondisi bugar dan tidak melakukan kegiatan yang melelahkan?

Capek

Berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana untuk meningkatkan energi, sehingga anda akan lebih bersemangat dan mencegah cepat letih dan lelah.

Meningkatkan Energi & Mencegah Mudah Lelah

Cek kesehatan anda

Mudah lelah letih dan tidak bersemangat bisa disebabkan oleh masalah kesehatan. Kelelahan adalah gejala umum dari banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, arthritis, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea atau gejala gangguan tidur. Bicarakan dengan dokter Anda dan cek kesehatan, jika Anda merasa mudah letih atau lelah karena mungkin hal itu disebabkan oleh masalah kesehatan tubuh anda. 

Badan letih, lelah mudah capek bisa disebabkan juga karena masa penyembuhan juga karena konsumsi obat obatan tertentu. Banyak obat dapat menyebabkan kelelahan. Beberapa obatan seperti obat tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan obat-obatan tertentu lainnya dapat menyebabkan tubuh mudah letih atau lelah.

Latihan fisik atau olahraga

Berolahraga memang membuat anda merasakan lelah, itu dikarenakan tidak dilakukan secara rutin atau teratur. Namun jika anda berolahraga secara rutin dan teratur hal itu justru akan meningkatkan energi anda yang berarti akan mencegah mudah lelah dan letih. Banyak studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan tingkat energi. 

"Berolahraga secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan," kata Kerry J. Stewart, profesor kedokteran dan direktur klinis dan penelitian fisiologi olahraga di Johns Hopkins University School of Medicine.

"Orang-orang yang aktif secara fisik memiliki rasa yang lebih besar kepercayaan diri dan bersemangat. Berolahraga secara teratur juga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan masa otot, "kata Stewart. "Itu setara dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Ini memberi Anda lebih banyak energi untuk segala macam aktivitas. " Jadi pastikan untuk berolahraga secara teratur minimal 30 menit tiap hari.

Teknik relaksasi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa bebarapa latihan relaksasi dapat meningkatkan energi dan membuat anda lebih bersemangat. Beberapa latihan relaksasi seperti tai-chi, yoga, meditasi sangat efektif untuk meningkatkan energi. Dalam sebuah penelitian di Inggris melaporkan peningkatan pikiran yang lebih tahan terhadap stres, peningkatan energi, dan kepercayaan diri setelah enam minggu mengikuti kelas yoga sekali dalam minggu, relawan. 

Peneliti dari University of Oregon melakukan penelitian terhadap 135 pria dan wanita usia 65 sampai 85 untuk melakukan yoga. Pada akhir enam bulan, peserta melaporkan peningkatan rasa kepercayaan diri, semangat dan dorongan energi secara keseluruhan.

Konsumsi air putih

Dehidrasi terbukti mengganggu kinerja tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh terbukti membuat seseorang mudah letih, lelah, lesu, tidakfokus dan tidak bersemangat. "Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi membuat lebih sulit bagi para atlet untuk menyelesaikan latihan angkat berat," kata Dan Judelson, PhD, asisten profesor kinesiology di California State University di Fullerton. 

"Ini masuk akal untuk berpikir bahwa dehidrasi menyebabkan kelelahan bahkan untuk orang-orang yang tidak memiliki kegiatan berat." Dehidrasi juga telah terbukti menurunkan kefokusan dan konsentrasi.

Bagaimana mengetahui anda dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh? "Urine harus jernih atau berwarna kuning pucat," kata Judelson. "Jika lebih gelap dari itu, Anda perlu minum air." Banyak para pakar medis menyarankan untuk mencegah dehidrasi setidaknya seseorang harus minum air puith 8-9 gelas atau setara dengan 1,5 L air per hari.

Dapatkan cukup istirahat atau tidur lebih awal.

Kurang tidur meningkatkan risiko mudah letih, lesu, tidak bersemangat dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan siang hari. Solusinya: Dapatkan untuk tidur cukup awal untuk mendapatkan kualitas tidur malam hari yang baik. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University 2004 menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan cukup tidur dan berkualitas mereka lebih bersemangat dan tidak cepat mengalami kelelahan. kebiasaan tidur yang baik juga memiliki manfaat kesehatan yang penting.

Banyak konsumsi asam lemak baik

Nah jika anda sudah teratur berolahraga, sudah mengonsumsi banyak air putih, mendapatkan kualitas tidur yang baik tapi anda masih letih, lelah dan tidak bersemangat mungkin kebutuhan nutrisi tertentu belum anda dapatkan. Nutrisi yang baik untuk mencegah mudah kelelahan dan keletihan adalah asam lemak baik atau asam lemak omega 3. 

Asam lemak omega 3 baik untuk jantung Anda, omega-3 juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kefokusan. Menurut sebuah studi 2009 oleh para ilmuwan di University of Siena Italia, relawan yang mengambil kapsul minyak ikan selama 21 hari menunjukkan waktu reaksi mental yang lebih cepat. Mereka juga melaporkan merasa lebih kuat dan bersemangat.

Penurunan berat badan

Berat badan yang terlalu jelas menimbulkan mudah letih dan lelah. Berat badan ideal dapat memberikan dorongan energi yang kuat, kata Stewart, dari Johns Hopkins University. Bahkan pengurangan kecil dalam lemak tubuh meningkatkan mood, semangat, dan kualitas hidup. 

Kebanyakan ahli penurunan berat badan merekomendasikan menjaga porsi makan yang lebih sedikit namun lebih bernutrisi, makan makanan seimbang, dan meningkatkan aktivitas fisik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara