sponsored ads

Tips Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi

Posted By : Posted on - 4:27:00 AM with No comments

Keterampilan Komunikasi yang baik - Apakah anda terlalu pendiam, pemalu ataupun memiliki kekurangan dalam menyampaikan komunikasi yang baik. Atau anda sulit untuk menemukan bahan pembicaraan yang pada akhirnya hanya akan membuat anda diam saat berkumpul dengan teman teman anda. nah jika anda memiliki hal hal tersebut maka sudah waktunya bagi anda belajar bagaimana cara mengembangkan keterampilam komunikasi yang lebih baik.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan lebih baik adalah kunci keberhasilan dalam hidup, pekerjaan dan hubungan. Tidak memiliki komunikasi yang baik hanya akan membuat anda menjadi tertutup (karena tidak bisa menyampaikan siapa diri anda) atau orang lain akan menganggap anda susah bergaul atau sulit untuk bersosial karena sifat anda yang terlalu pendiam. tentu anda tidak memiliki niat seperti ini, hanya saja anda tidak tahu harus memulai komunikasi dari mana.

komunikasi

Tanpa komunikasi yang efektif yang disampaikan dengan cara baik juga, pesan komunikasi bisa berubah menjadi kesalahan, kesalahpahaman, frustrasi, atau bahkan hal yang sebenarnya baik namun disalahartikan atau buruk disampaikan. Komunikasi adalah proses dimana kita bertukar informasi antara individu atau kelompok orang. 

Ini adalah proses di mana kita mencoba dengan jelas dan akurat menjelaskan siapa diri anda, apa kemampuan dan bakat yang anda miliki, sebagai cara untuk menyampaikan pikiran, niat dan tujuan kita. nah tanpa memiliki keterampilan komunikasi yang baik hal itu tentu akan menjadi hal yang menyulitkan bukan? Baca juga tips menjadi pembicara profesional.

Komunikasi hanya akan berjalan dengan sukses hanya ketika pengirim dan penerima mengerti informasi yang sama. Dalam lingkungan yang semakin informatif dan teknologi yang semakin canggih saat ini telah menjadi semakin penting untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Nah berikut ini adalah beberapa tips bagaimana belajar mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif:

Tahu apa yang ingin Anda katakan, kepada anda menyampaikan komunikasi dan mengapa hal itu anda sampaikan.

Memahami dengan jelas tujuan dan maksud dari pesan Anda. Tahu kepada siapa Anda berkomunikasi dan mengapa. Mempertimbangkan hambatan yang mungkin Anda alami seperti perbedaan budaya atau keadaan situasional (jenis kelamin, usia). Tanyakan kepada diri sendiri apa hasil yang Anda inginkan untuk mencapai dan kesan yang Anda ingin tinggalkan.

Bagaimana Anda akan memulai mengatakan itu?

Mulailah dengan membuat kontak mata. Anda menginspirasi kepercayaan dan keyakinan ketika Anda berbicara dengan menatap mata orang yang anda ajak bicara. Kedua, menyadari bahasa tubuh Anda, karena bahasa tubuh anda dapat mengatakan sebanyak dari kata-kata Anda. Dengan berdiri dengan tangan Anda di sisi Anda, Anda memberitahu orang lain bahwa Anda merasa dekat dan terbuka untuk mendengar apa yang mereka katakan. 

Jika sebaliknya, lengan disilangkan dan bahu membungkuk, itu menunjukkan ketidaktertarikan atau keengganan untuk berkomunikasi. Postur yang baik akan membantu anda untuk melakukan komunikasi sulit menjadi lebih mudah atau lancar. Pastikan Anda berbicara dengan kedekatan bukan memusuhi.

Belajar menjadi pendengar yang baik

Komunikasi adalah jalan dua arah. Itu berarti untuk membuat komunikasi yang baik harus ada kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan. Setelah Anda mengatakan apa yang Anda katakan, berhenti dan mendengarkan, berikan kesempatan untuk orang lain berbicara dengan anda. 

Dengan jeda berhenti berbicara dan belajar mendengarkan anda akan memiliki lebih banyak ide atau pikiran yang dapat anda sampaikan setelah kesempatan berbicara anda dapatkan.Baca juga cara ngobrol dengan wanita agar membuatnya tertarik.

Mencapai pemahaman, kesepakatan atau konsensus

Setelah Anda memiliki kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan. Apakah Anda mencapai kesamaan, memecahkan masalah, atau menjelaskan posisi Anda? Jika tujuannya adalah untuk mengajar atau menginstruksikan, 

Anda telah mencapai tujuan Anda? Berkomunikasi dengan baik adalah untuk memahami dan menjadi mengerti. Pastikan bahwa pesan Anda telah diterima sebagaimana yang anda maksudkan. Anda bahkan dapat setuju untuk tidak setuju. 

Tidak ada jaminan bahwa upaya komunikasi Anda akan bertemu persetujuan dan kesepakatan. Selama Anda memahami satu sama lain, saling menghargai dan menghormati, Anda masih dapat memiliki kesempatan untuk mencapai kesepakatan.

Jangan memotong pembicaraan

Ada waktu atau giliran anda untuk berbicara dan mendengarkan jadi hormati hal ini. Menghargai pembicaraan orang lain dengan menunggu sampai mereka selesai berbicara sebelum menyatakan pandangan Anda. Belajar untuk memahami dan menghargai pembicaraan dari sudut pandang orang lain dengan berpikiran terbuka dan membuat upaya untuk melihat sesuatu dari perspektif orang lain.Cara memulai pembicaraan dengan wanita.

Hindari mencoba untuk berkomunikasi ketika dalam keadaan emosional

Luangkan waktu untuk berpikir posisi Anda melalui sebelum berbicara. melakukan komunikasi didasari dengan rasa emosional tidak akan mencapai kesepakatan, justru hanya akan membuat perselisihan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara