sponsored ads

Terlalu Pelupa, Berikut 7 Tips Mengatasinya

Posted By : Posted on - 9:24:00 AM with 1 comment

Anda sering lupa, berikut cara mengatasinya - Apakah anda sering mengalami sering lupa akan sesuatu, sering lupa mencari barang yang baru aja anda taruh, lupa mengingat nama sesorang yang anda baru kenal 3 hari lalu atau lupa dengan jadwal apa yang akan anda lakukan esok hari. Pelupa adalah salah satu masalah yang paling umum dialami banyak orang yang hidup di zaman serba cepat seperti sekarang ini. Namun terlalu sering lupa bisa merupakan gejala awal demensia (dementia alzheimer atau kepikunan. Kepikunan tidak bisa dicegah namun bisa diperlambat.

Pelupa atau seringnya lupa akan sesuatu dapat didefinisikan sebagai 'memori loss' atau 'kegagalan' untuk mengingat sesuatu. Pelupa terkait dengan fungsi eksekutif di otak yaitu proses yang membantu dalam mengelola, mengatur, dan menyebarkan informasi. Lupa dalam tingkat atau level orang bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena penuaan, ketika itu terjadi lebih dari yang seharusnya dapat memicu kekhawatiran menderita demensia atau penyakit Alzheimer.

tips mengatasi seringnya lupa

Berikut adalah beberapa faktor yang sering atau paling umum yang menyebabkan seseorang menjadi lebih sering pelupa:

  • Faktor usia (penuaan)
  • Seringnya mengerjakan pekerjaan atau aktivitas secara bersamaan (Multitasking)
  • Kurang beristirahat atau kurangnya kualitas tidur sehingga mengganggu kefokusan
  • Pengaruh obat obatan tertentu (Miras, narkoba dll)
  • Penyakit kronis yang menahun atau berkepanjangan
  • Berlebihnya beban informasi yang masuk ke otak
  • Input yang masuk kurang tertangkap dengan baik (tidak terfokus)
  • Kecemasan, stres, depresi
  • Benturan keras (kecelakaan, terjatuh dll) yang menyebabkan gangguan fungsi otak
  • Alzheimer (Pikun)

Nah itulah beberapa hal yang paling sering atau umum yang membuat seseorang menjadi pelupa atau terlalu sering lupa. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi  tips mengenai bagaimana cara mengurangi dampak seringnya lupa yang bisa mengganggu aktifitas maupun kegiatan anda sehari hari. Berikut tips mengatasi pelupa seperti dikutip dari situs kesehatan populer Zeenews.com :

Tips Alami mengatasi Sering Lupa

Buatlah jadwal (schedule) dan mencatatnya
nah untuk membantu anda mengurangi lupa akan sesuatu atau jadwal yang ingin anda kerjakan di esok hari atau dimasa mendatang maka tulislah jadwal kegiatan anda di mana saja bisa di buku catatan, komputer, kertas atau apapun yang bisa dengan mudah anda lihat. Bisa saja menuliskannya di kertas dan menempelkannya di pintu kamar, kulkas atau dimeja yang terpenting adalah catatan itu mudah anda lihat. Atau anda bisa menuliskannya di sticky notes di komputer, gadget, smartphone atau laptop milik anda, dengan hal ini anda akan mudah mengingat jadwal kegiatan atau aktifitas ketika anda melihat catatan tersebut.

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik
Untuk memudahkan anda untuk mengingat apa yang harus anda kerjakan maka persiapkan segala sesuatunya dengan baik jangan mendadak atau anda akan kelupaan. Sebagai contoh jika anda besok harus menghadiri seminar maka persiapkan laptop, baju, catatan atau perlengapan lain untuk seminar di meja kerja anda, sehingga ketika anda melihat perlengkapan tersebut anda akan mengingat kapan seminar tersebut dijadwalkan.

Mintalah bantuan orang lain untuk mengingatkan anda
nah jika and sering lupa akan sesuatu maka minta tolonglah kepada anggota keluarga atau orang terdekat anda seperti orang tua, anak, istri atau rekan anda untuk mengingatkan jika anda lupa untuk menaruh sesuatu, acara, atau hal apapun yang ingin anda lakukan besok atau di waktu mendatang.

Mengonsumsi Makanan yang membantu daya ingat
Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk membantu meningkatkan daya ingat sesorang diantaranya adalah Hati ayam, kedelai, dan telur karena beberapa jenis makanan tersebut kaya akan nutrisi dari choline. Choline dipercaya memiliki manfaat menguatkan dan meningkatkan daya ingat pada otak, atau dengan kata lain membantu meningkatkan kinerja atau fungsi otak. Banyak mengkonsumsi sayuran, sayuran dan biji-bijian. Pilih sumber protein rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan ikan. Cobalah untuk menghindari junk food.

Dapatkan tidur yang cukup
saat seseorang kurang mendapatkan kualitas tidur yang cukup maka resiko untuk menjadi pelupa akan meningkat. Saat kekurangan waktu tidur atau istirahat maka otak tidak fokus, tubuh menjadi lemas, malas dan beresiko menjadi lebih sering pelupa, Tidur memainkan peran penting dalam memori otak. Idealnya untuk membantu meningkatkan kualitas otak agar tidak sering lupa maka seseorang harus mendapatkan cukup tidur sekitar 7-8 jam per hari.

Olahraga teratur
Penelitian membuktikan bahwa sesorang yang aktif (berolahraga secara teratur) memiliki ingatan yang lebih kuat daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. aktivitas fisik harian atau berolahraga secara teratur akan membantu menjaga dan meningkatkan memori otak Anda, selain itu membantu tubuh anda fit dan sehat secara umum seperti membantu Anda menurunkan berat badan, mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dll.

Mempertajam otak dengan melatihnya
Tetap aktif secara mental, Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental Anda perlu tetap aktif untuk membantu menjaga otak Anda dalam kondisi yang baik. Bermain game seperti teka-teki silang, game strategi, belajar dan kegiatan menyenangkan lain yang akan membuat Anda lebih pintar serta meningkatkan memori Anda.

1 comment:

  1. Terkadang walaupun sudah membuat schedulu terlupa juga om,memanglah iya Sifat manusia itu Pelupa dan tips diatas jika kita disiplin dan istiqamah menjalankannya pasti work..nice share

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara