sponsored ads

Tips Mengubah Kebiasaan Yang Perlu Ditiru Untuk Sukses

Posted By : Posted on - 11:10:00 PM with No comments

Setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses sama seperti manusia lainnya, tidak ada alasan anda tidak bisa untuk sukses sama seperti sudara, teman, sahabat, rekan, tetangga atau bahkan orang yang tidak anda kenal yang terlebih dahulu sukse. Anda bisa seperti mereka yang perlu anda lakukan adalah mengubah kebiasaan dan pola pikir anda untuk menjadi lebih sukses. Anda bisa sukses jika anda optimis ketika anda melihat orang yang telah sukses dengan mengatakan " ya saya bisa seperti dia" dan banyak orang akan gagal dan menjauhi kesuksesan jika mereka berkata dan membandingkan "dia kan punya modal sedangkan saya tidak", "dia kan punya ijazah tinggi sedangkan saya cuma lulusan SMK" dll.

Banyak orang mengatakan bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi orang sukses dan ini memang benar, orang yang berpikir optimis, berkembang dan memiliki jiwa untuk sukses selalu melihat hal dengan cara berbeda menjadikan kekurangan untuk memotivasi dan menjadikan kelebihan sebagai kesempatan untuk sukses. Jika orang sukses melihat orang lain lebih sukses mereka akan mengatakan kepada dirinya bahwa; "Jika dia sama seperti saya, sama sama memakan makanan yang sama, sama sama menghirup udara yang sama, maka jika dia sukses maka saya juga bisa sukses dan saya merasa mampu dan memiliki kesuksesan seperti dia".

Sedang orang yang pesimis dan sulit untuk sukses menjadikan kekurangan menjadi penghambat dan kelebihan sebagai hal yang tidak disyukuri dan tidak digunakan untuk meraih sukse, mereka akan menggerutu dan mengeluh jika mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkan dan cepat puas diri ketika apa yang mereka dapat bisa tercapai. Hal ini memang benar, dan nyatanya hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sehingga akhirnya menjadi sukses dan banyak juga diantara mereka yang malah menyia-nyiakannya sehingga mereka menjalani kehidupan monoton dan biasa saja.

kebiasaan untuk sukses

Kali ini saya akan menshare kutipan motivasi yang saya baca dari Marc salah satu orang yang saya idolakan dengan motivasinya yang berharga, Marc adalah salah satu penulis blog populer dan sukses yaitu Marc and Angel telah mempelajari kebiasaan dari banyak orang sukses dan membuat kesimpulan ternyata mereka semua memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menjalani hidupnya untuk meraih sebuah sukses dan berikut adalah 12 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses:

S.M.A.R.T
Marc mengatakan untuk menjadi sukses anda butuh smart (berpikir cerdas) dan SMART (singkatan kebiasaan menuju sukses) Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang objektif. Mereka selalu memiliki sebuah target yang realistis dalam pikirannya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mengejar hal tersebut. Untuk itu mereka biasanya membuat sebuat target S.M.A.R.T. dan berusaha mewujudkannya. Menurut Marc, target S.M.A.R.T. adalah Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Mari kita bahas satu per satu.

Spesific (target yang spesifik) Target yang ingin anda capai haruslah spesifik, tentukan batasannya dan jangan sampai target yang akan dipenuhi meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk  anda penuhi dan anda selesaikan lebih besar dibanding target yang umum. target spesifik bisa anda temukan dan anda lihat dari bakat atau kemampuan yang anda miliki, jika anda memiliki bakat penjual maka juallah produk atau jasa yang anda miliki, jika anda memiliki bakat menulis maka tulislah yang bermanfaat dan kembangkan tulisan anda untuk sesuatu yang menghasilkan. Orang sukses akan spesifik dalam satu bidang yang sesuai dengan bidangnya dan kemampuannya, mereka akan fokus dengan hal itu dan jika mereka telah sukses mereka baru akan mengembangkannya menjadi object yang lebih luas.

Measurable (target yang terukur) Tidak hanya spesifik, anda juga harus membuat target tersebut dapat diukur secara logis untuk mengetahui proses dari target anda. Tanyakan kepada diri anda, seperti berapa banyak? berapa lama? Sehingga anda bisa mengetahui kapai target tersebut terpenuhi. Kapan anda bisa mengukur target anda, catatlah usaha yang anda lakukan selama sebulan dan lihat hasilnya pada akhir bulan dan anda bisa menentukan target terukur anda berjangka.

Attainable (target yang bisa dicapai)  anda harus membuat target yang objektif atau dengan kata lain dapat ada capai dan selesaikan atau dengan kata lain target tersebut harus realistik dan anda tahu cara menyelesaikan target tersebut. Rencanakan tahun ini sukses apa yang anda ingin capai dan berusahalah untuk merealisasikannya dengan kemampuan dan bakat yang anda miliki.

Relevant (target yang sesuai) Target yang relevan maksudnya adalah apakah target tersebut penting dan mampu anda capai serta sesuai dengan diri anda. Target yang anda tentukan juga harus sesuai dengan kemampuan yang anda miliki, akan menjadi hal gila dan tidak relevan jika anda menginginkan memiliki uang miliaran rupiah dalam sehari tanpa anda melakukan apa apa.

Timely (Waktu tertarget) Hal ini merupakan hal penting. Waktu, anda harus mempunyai sebuah deadline atau tenggat waktu dari setiap target yang anda buat. Ini akan membantu anda untuk lebih fouks kepada usaha anda sehingga dapat menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Jadi benarlah bahwa waktu adalah uang, waktu sangat berharga dan hal semacamnya, anda bisa mencapai segala hal dengan memiliki waktu untuk mewujudkannya, namun anda tidak akan bisa memutar kembali atau mendapatkan kesempatan atas waktu yang anda buang, jadi pergunakanlah waktu anda sebaik mungkin.

Jika anda ingin berhasil dan sukses, anda harus bisa membuat target anda menjadi target yang S.M.A.R.T. Target yang berarti cerdas dan target yang berakronim Spesifik, Measurable, Attainable, Relevant, Timely. karena nantinya target ini akan membantu dan memberikan motivasi kepada anda untuk berusaha menyelesaikan target tersebut. Setiap orang yang sukses atau berusaha ingin sukses harus mempunyai target dalam hidupnya. Jika target anda adalah sebuah kesuksesan, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik, jadikan objektif dan relevan dan buat deadlinenya.

Mulailah dengan sebuah target kesuksesan yang kecil, jika anda seorang penjual sepatu. Tentukan berapa yang harus anda jual dalam satu hari, misalnya target anda menjual 1 pasang sepatu setiap hari. Capailah target tersebut terlebih dahulu, setelah anda berhasil tingkatkan menjadi 5 pasang. Jika berhasil lagi tingkatkan menjadi 10 pasang. Sampai akhirnya anda dapat menjual jutaan pasang sepatu setiap harinya dan menjadi seorang pengusaha sepatu yang sukses.

Orang sukses adalah orang yang berani mengambil tindakan tegas dan segera
Perlu anda tahu, menjadi pintar dan pandai tidak menentukan anda akan menjadi orang yang sukses. Hanya orang berani melakukan tindakan untuk merubah dirinya yang dapat menjadi orang sukses dan mereka memanfaatkan orang-orang pintar untuk bekerja kepada mereka. Apakah benar demikian? Lihat kenyataan ini, Siapa itu Bill Gates? Dia hanyalah seorang mahasiswa yang drop out dari sekolahnya dan melakukan sebuah tindakan dengan membuat sebuah software yang akhirnya mengubah dunia ini. Hasilnya? Dia berhasil sukses dengan perusahaan Microsoft yang didirikannya,

Siapa itu Richard Branson? Dia hanyalah seorang penderita diseleksia yang dikeluarkan dari sekolahnya dan dengan berawal dari menjual majalah, akhirnya dia berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis bernilai miliaran dollar, bernama Virgin Group.

Anda memiliki gelar sarjana S1, S2, S3 , Doktor, Master namun jika anda tidak melakukan tindakan tegas untuk merealisasikan dan menggunakan kepandaian anda itu hanya hal yang sia sia dan sampai kapapnpun keinginan anda tidak akan terwujud. Jadi anda hanya perlu berani membuat tindakan tegas untuk merubah hidup anda atau bahkan hidup orang lain menjadi lebih baik dan menjadi orang yang sukses. Semua pengetahuan dan kecerdasan sebenarnya tidak berguna sama sekali tanpa ada sebuah tindakan. Simpel kan?

Mereka fokus menjadi produktif, bukan menjadi sibuk
Siapa saja bisa membuat kesibukan, namun belum tentu siapa saja bisa produktif. Menjadi orang yang sibuk belum tentu akan membuat anda menjadi orang yang berhasil, tapi dengan menjadi orang yang produktif pastinya akan membuat anda sukses. Orang sibuk identik dengan seberapa banyak kegiatan yang bisa mereka lakukan, sedang orang produktif akan menggunakan waktu yang terbatas untuk sebanyak mungkin menghasilkan.

Work “smarter”, not harder. Bekerja lebih cerdas daripada bekerja lebih keras. Walaupun kedua hal ini dibutuhkan dan tetap bersinergi, anda berpikir cerdas namun jika anda tidak mengusahakannya dengan keras juga percuma, sedang anda bekerja keras namun tidak berpikir cerdas mengembangkannya juga sama saja. Mungkin ini adalah ungkapan yang tepat untuk sekarang ini. Bagaimana anda mengubah kesibukan anda menjadi sebuah produktifitas? Mudah. Tenangkan diri anda, review semua komitmen dan target yang sedang anda ingin capai. Buatlah prioritas dari tugas-tugas anda, dan lakukan tugas tersebut satu per satu mulai dari yang terpenting. Berikan diri anda untuk beristirahat disela-sela tugas satu dengan tugas lainnya. Ingat hasil adalah yang paling penting dibanding waktu yang anda capai untuk meraih hasi tersebut.

Membuat keputusan yang logis dan objektif
Kadang orang yang sukses dapat meruntuhkan semua yang telah dia bangun bertahun-tahun hanya dengan sebuah keputusan yang emosional, dimana dia sangat dipengaruhi perasaannya dalam mengambil keputusan tersebut. Emosi atau perasaan memang memberikan sebuah warna yang berbeda dalam kehidupan kita. Emosi juga dapat membuat kita melakukan hal yang salah, terutama dalam membuat sebuah keputusan. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai emosi anda menguasai akal dan logika anda dalam mengambil sebuah keputusan. Jika hal ini terjadi, tenangkan dulu diri anda, sampai anda dapat berpikir dengan jernih, setelah itu baru anda membuat keputusan.

Mereka menghindari untuk membuat segala hal menjadi sempurna
Kesempurnaan memang menjadi tujuan setiap orang dalam menyelesaikan tugas atau target yang dicapainya. Tapi kesempurnaan itu juga membuat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu dan perhatian untuk membuatnya dan juga menjaganya, sampai akhirnya mereka melupakan hal lain yang seharusnya mereka lakukan. Seorang perfeksionis sangat menyukai sebuah kesempurnaan dalam hidupnya dan mereka juga selalu sulit untuk memulai suatu hal atau bahkan menyelesaikannya. Karena pada dasarnya  mereka selalu mempertimbangkan matang-matang suatu hal sebelum mereka memulai atau menyelesaikan hal tersebut.

Ingat, untuk menjadi seorang yang sukses tidak selalu harus menjadi orang perfeksionis, anda hanya perlu berani memulai dan menyelesaikan target anda, dan berusaha memperbaiki hasil dan proses yang anda lalui agar semakin baik dan semakin baik. Lagi pula tidak ada yang sempurna di dunia ini, iya kan?

Mereka bekerja diluar zona nyaman mereka
Mereka yang sudah sukses sekarang ini, karena mereka mampu bekerja atau melakukan sesuatu diluar zona nyaman mereka. Orang-orang ini berani mengambil kesempatannya untuk mengubah hidup mereka, dan juga berani untuk menerima kegagalan yang jarang bisa diterima oleh orang-orang yang berada di zona nyaman. Jika anda merasa hidup anda sekarang ini cukup membahagiakan dan terjamin, maka saat ini anda berada di zona nyaman. Untuk menjadi orang yang sukses, anda harus berani keluar dari zona tersebut dan melakukan sebuah tindakan perubahan serta menerima resiko sebuah kegagalan. Perlu diingat, orang yang sukses adalah orang yang mampu menerima sebuah kegagalan yang mereka hadapi dan bangkit kembali untuk mewujudkan impiannya.

Mereka menjadikan sesuatu lebih sederhana
Leonardo da Vinci pernah mengatakan “Simplicity is the ultimate sophistication.” artinya kesederhanaan adalah sebuah kesempurnaan. Sesuatu yang sederhana dan simple tidak berarti berkualitas buruk, kadang hal tersebut memberikan manfaat yang berguna bagi setiap orang. Di jaman modern ini, informasi sangat cepat bergerak dan muncul banyak inovasi yang tiada batasnya. Sayangnya hal ini membuat sebuah komplikasi, kesulitan dan juga konflik kebingungan.

Orang yang saat ini telah meraih kesuksesan berusaha selalu membuat sesuatu menjadi sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti dan juga dipahami. Kita bisa mengambil contoh dari Google, dan melihat bagaimana mereka membuat mesin pencarinya begitu sederhana dan simpel dengan hanya menampilkan logo dan kotak pencari didalamnya, tanpa adanya hal-hal lain yang tidak perlu. Namun kesederhanaan tersebut, membuat Google menjadi lebih mudah digunakan, sehingga pada akhirnya perusahaan ini mampu menjadi perusahaan internet terbesar di dunia.

Mereka berfokus membuat sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti
Mulailah dengan suatu perubahan yang kecil, dengan mimpi yang besar. Tidak ada seorang pun yang mampu membuat hal besar langsung dalam sekejap mata. Semua itu dimulai dari sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti, karena jika terus dikembangkan hal yang kecil juga lama-lama bisa menjadi besar.

Jika anda mulai dengan hal yang kecil, anda tidak harus membutuhkan banyak motivasi dan sumber-sumber untuk menciptakan hal tersebut. Setelah hal yang kecil tersebut tercipta, mulai kembangkan dan terus kembangkan sampai lama-kelamaan hal tersebut menjadi sebuah hal yang besar dan dapat mengubah orang-orang di dunia.

Lihat bagaimana Facebook memulai, dari hanya jejaring sosial kecil untuk mahasiswa, sampai akhirnya menjadi jejaring sosial yang telah memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Atau pengusaha Bob Sadino, yang memulai usahanya dari berjualan telur keliling, sampai akhirnya dia berhasil mengelola jaringan ritel makanan Kem Chicks yang tersebar dimana-mana.

Mereka selalu mengukur dan melihat proses dari target mereka
Orang-orang yang sukses tidak hanya bekerja di bisnis mereka, tapi mereka juga bekerja dalam bisnisnya. Mereka selalu mengevaluasi apa yang mereka telah lakukan. Mereka juga mengukur posisi mereka dengan target yang akan mereka capai dan berusaha mengetahui bagaimana cara meng-improve-nya.

Anda tidak dapat mengontrol apa yang anda tidak ukur dan ketahui. Jika anda mampu melihat dimana posisi anda saat ini, anda bisa memutuskan apakah cara anda sudah benar atau anda berada di jalan yang salah. Dengan begitu anda dapat memperbaiki cara anda dalam mencapai target tersebut.

Coba ukur setiap tindakan yang anda lakukan, catat proses tersebut agar anda dapat mengingatnya. Lalu tetapkan target yang ingin anda capai dan ukur apakah anda sudah mencapai target tersebut atau belum. Jika belum, pastinya ada sesuatu yang salah yang anda lakukan dan anda harus memperbaikinya agar anda mampu mencapai target tersebut.

Mereka berkonsentrasi kepada hal yang positif dan juga belajar dari kesalahan mereka
Orang-orang sukses adalah orang-orang yang mampu berpikir positif dan berkonsentrasi pada hal positif tersebut. Mereka tahu kepositifan mereka mampu membawa mereka kepada sebuah kesuksesan. Kehidupan ini selalu mencoba menguji anda apakah anda akan terus berpikir positif atau malah berpikir negatif. Ujian itu adalah kegagalan. Jika anda berpikir positif, anda akan melihat kegagalan tersebut adalah sebuah kesempatan dan sebaliknya jika anda berpikir negatif, anda akan melihat kegagalan adalah akhir dari semuanya. Belajarlah dari kegagalan dan jadikan itu batu loncatan anda untuk maju lebih jauh lagi. Jangan sampai pikiran negatif menguasai anda dan melumpuhkan diri anda untuk menjadi orang sukses.

Mereka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar
Pernahkah anda melihat seorang direktur dari sebuah perusahaan multinasional bergaul dengan preman? Tentunya tidak. Dia pastinya akan bergaul dengan orang-orang profesional dan ahli. Orang-orang sukses selalu menghabiskan waktu mereka untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sama dengan mereka, mampu mendukung mereka dan juga satu bidang dengan mereka. Mereka membuat sebuah ikatan sosial yang dapat memunculkan energi baru bagi mereka dan membuat mereka mampu meraih target mereka.

Sebenarnya sangat sederhana, pergaulan anda akan menentukan menjadi apakah anda. Jika bergaul dengan orang-orang yang salah, anda akan mendapat energi negatif yang akan membuat anda menjadi negatif, begitu juga sebaliknya. Pastikan anda berhubungan dengan orang yang mampu mendukung anda untuk mencapai apa yang ingin anda raih.

Mereka berusaha menyeimbangkan kehidupan mereka
Kadang ada orang yang berhasil membuat sukses bisnisnya dan memiliki banyak uang, namun disisi lain dia tidak bahagia karena tidak memiliki cinta dalam dirinya dan membuatnya kesepian. Atau seorang yang sangat bahagia karena dikelilingi orang yang mampu mengasihinya, tapi sayangnya orang tersebut harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.

Jangan sampai anda terjebak dalam hal ini. Pastikan hidup anda seimbang baik untuk bisnis, sosial, keluarga dan cinta. Jika anda terlalu berfokus kepada bisnis anda, pada akhirnya anda akan menyesal karena hal tersebut. Berikan waktu kepada diri anda untuk menikmati hal-hal lain yang harus anda rasakan, jangan sampai uang membutakan pikiran anda. Keseimbangan ini juga membantu diri anda untuk lebih bahagia dalam hidup, karena satu hal yang pasti orang sukses adalah orang yang mampu membuat dirinya bahagia dalam segala aspek hidupnya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara